Selamat Datang di Pimpinan Pusat Perguruan Seni Beladiri Indonesia " TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH "
Login Member
Username:
Password :
Profil Juara
Nahla Faiza Rahma
Juara II O2SN Siswi SD Muhammadiyah Serut Palbapang Bantul, Pesilat Tapak Suci Putera Muhammadiyah dari Kontingen D.I. Yogyakarta
:: Selengkapnya
Agenda
12 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
Statistik

Total Hits : 6962
Pengunjung : 831
Hari ini :
Hits hari ini :
Member Online : 42
IP : 54.160.245.121
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

walyana.tapaksuci_online    pimpinanpusat_tapaksuci

SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba) Gelar Kejuaraan Tapak Suci Musaba CUP II

Tanggal : 12/16/2016, 01:05:28, dibaca 688 kali.

pimpinanpusattapaksuci.org|| Bantul :


SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba)


Gelar Kejuaraan Tapak Suci Musaba CUP II


 


Pembentukan karakter dan kepribadian manusia sangat diwarnai oleh aktivitas positif yang diikutinya semenjak usia dini dan remaja. Hal ini disebabkan posisi kritis perjalanan hidup manusia adalah menjelang akil baligh hingga memasuki masa remaja. Keberhasilan melewati masa usia kritis dengan baik sangat mempengaruhi kematangan karakter seorang remaja yang hal ini mendukung kesuksesan perjalanan hidupnya di masa dewasa. Oleh karena itu seorang anak usia sekolah dasar dan SMP perlu difasilitasi dengan kegiatan-kegiatan positif salah satunya dengan olahraga pencak silat di perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang mengajarkan sportifitas dengan landasan iman untuk melahirkan tingkah laku berakhlaqul karimah.


 


SMK Muhammadiyah 1 Bantul (SMK Musaba) adalah salah satu sekolah Muhammadiyah di Bantul yang sangat maju pesat pertumbuhannya. Sekolah ini sangat memperhatikan pembinaan karakter siswa didiknya melalui beragam kegiatan positif salah satunya adalah beladiri pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah sebagai ekstrakurikuler wajib. Setelah beberapa tahun melaksanakan program latihan Tapak Suci sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi siswanya, SMK Muhammadiyah 1 Bantul juga berkomitmen untuk memfasilitasi pembinaan prestasi atlet-atlet pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah usia dini dan remaja dengan memprakarsai penyelenggaraan kejuaraan antar SMP dan SD. Kejuaraan ini digelar dengan bekerjasama dengan Pimda 02 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Bantul dan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul.


 


Kegiatan ini diusung dengan nama “Musaba CUP II Kejuaraan Tapak Suci Antar SMP se Provinsi DIY dan antar SD se Kabupaten Bantul”. Ketua Panitia Sarjana, S.Pd menyatakan bahwa kegiatan ini rutin digelar setiap tahun sekaligus dalam rangka Milad ke-47 SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba). Kejuaraan akan berlangsung tangal 28 – 30 Januari 2017 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul. Sarjana menjelaskan bahwa surat undangan bagi sekolah untuk mengirimkan delegasi atletnya dapat diunduh website SMK Muhammadiyah 1 Bantul.


 


Sarjana optimis kegiatan ini akan mendapat sambutan hangat dari kalangan pencak silat Tapak Suci di DIY, bahkan beberapa daerah di Jawa Tengah telah menyatakan berminat mengikuti even ini. Tahun lalu kami beri kesempatan kontingen dari Tapak Suci Temanggung mengikuti even ini. Sarjana menambahkan kejuaraan ini memperebutkan Tropi Bergilir Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. SMK Muhammadiyah 1 Bantul berkomitmen dalam fasilitasi perkaderan Muhammadiyah melalui Kejuaraan Tapak Suci dan berharap langkah ini menjadi contoh bagi amal usaha Muhammadiyah yang lainnya.


 


Sementara itu Ketua Pimda 02 Tapak Suci Bantul Hendri Budi Setyawan, S.Pd berharap publikasi sedini mungkin yang dilakukan panitia dapat direspon oleh para pelatih di DIY dengan menyiapkan atlet sebaik mungkin. Hendri menambahkan selain menyiapkan atletnya para pelatih juga harus berkoordinasi dengan pimpinan sekolah yang dilatihnya karena kejuaraan ini mewakili kontingen sekolah. Pihaknya yakin even ini akan berdampak nyata dalam persemaian bibit atlet berprestasi masa depan. Menurut Hendri kejuaraan ini merupakan salah satu ajang evaluasi hasil latihan siswa. Setiap pelatih yang atletnya bertanding di even ini akan mendapatkan umpan balik sebagai bahan perbaikan strategi melatihnya.


 


Hendri menjelaskan bahwa Pimda Tapak Suci Bantul memperbanyak kegiatan fasilitasi untuk pembinaan prestasi pesilat Tapak Suci usia dini (SD) dan pra remaja (SMP). Hal ini sebagai upaya menjaring potensi atlet-atlet berbakat sejak dini. Secara statistic populasi terbesar siswa Tapak Suci saat ini adalah pelajar sekolah dasar dan SMP. Mereka adalah segmen yang harus difasilitasi pembinaannya secara massif, apalagi Tapak Suci adalah ortom Muhammadiyah yang bisa menjangkau usia dini. Harapannya para atlet pemula ini kelak makin serius berlatih Tapak Suci, mengukir banyak prestasi, tekun menjadi Kader Tapak Suci dan tentu saja tumbuh menjadi Kader Muhammadiyah yang paripurna.    


 


Hendri menambahkan bahwa nantinya setiap kontingen yang mendaftar wajib mengisi formulir online di website SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Pihaknya mengingatkan agar data yang diisikan benar-benar valid karena akan menjadi sumber data untuk pencetakan piagam bagi para juara. Kerjasama yang baik dari para official dalam ketelitian pengisian data dapat memperlancar proses pencetakan piagam, karena dalam even ini panitia berencana menyerahkan piagam kepada para juara langsung di arena pertandingan. 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas